Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Unborn 8.0 Yellow Pointer

Blogger news

Kamis, 08 November 2012


Ide Liburan Murah Bersama Anak


 

Waktu liburan anak kini telah tiba, sayang Anda malah sedang tak punya budget untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri.
Jangan khawatir, coba salah satu dari beberapa ide liburan murah meriah ini bersama anak- anak, siapa tahu mereka menyukainya.

1. Keliling kota dan bersikaplah seperti turis
Anda dan si kecil bisa jadi sudah bertahun-tahun tinggal di Surabaya, Sidoarjo, atau kota lainnya. Namun pernahkah Anda keliling Surabaya? Jika belum, Anda bisa mencobanya.
Namun saat melakukan kegiatan tersebut bersikaplah seperti turis, seperti Anda baru pertama kali datang ke Surabaya. Datangi tempat-tempat yang biasa didatangi oleh turis seperti Monumen Tugu Pahlawan, Museum Sepuluh Nopember, Museum Mpu Tantular, Pelabuhan Tanjung Perak, atau Jembatan Suramadu.
Sama seperti sedang liburan dan menjadi turis, untuk ide pertama ini, Anda harus menyiapkan budget makan di restoran. Sebagai turis, biasanya Anda makan di restoran bukan? Kegiatan makan di luar ini juga bisa jadi selingan yang menyenangkan untuk anak.

2. Ajari Anak Mengembangkan Hobinya
Selama ini Anda melihat anak memiliki tertentu seperti melukis atau fotografi?
Inilah saatnya mengajak anak mengembangkan hobinya tersebut. Jadikan waktu liburan tersebut sebagai saat di mana anak bisa sepuasnya melakukan hobinya itu.
Jika si kecil suka memotret, Anda bisa mengajaknya ke tempat-tempat yang disukainya untuk mengambil gambar. Kalau anak suka melukis, ada banyak tempat yang bisa membuat anak semakin mengembangkan bakatnya itu. Anda bisa mencarinya di internet atau majalah soal tempat-tempat menarik ini. Selain itu,
bersama anak- anak Anda bisa mengerjakan ketrampilan tangan, misalnya bermain mencetak lilin mainan, atau membuat istana kertas. Kehabisan ide? Buku aktivitas anak yang banyak dijual akan memberikan ide-ide yang dapat dicoba.

3. Berkemah
Jika dibandingkan pergi ke luar kota selama beberapa hari, berkemah tentu tidak akan mengeluarkan budget yang menguras kantong. Jika di kota Anda tidak ada kawasan yang diperuntukkan khusus untuk berkemah atau outdoor activities lainnya, tidak ada salahnya jika berkemah bersama anak- anak di pekarangan rumah sendiri. Kegiatan berkemah ini selain bisa lebih mengakrabkan Anda dan anak, si kecil pun bisa lebih dekat dengan alam. Selalu libatkan anak dalam mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari membangun tenda sampai memasak hidangan untuk makan malam.
Agar si kecil merasa nyaman, persiapkan segala sesuatunya mulai dari makanan, pakaian (jas hujan), lotion anti nyamuk dan kotak P3K.

4. Membuat  Acara Ala 17 Agustusan Sederhana
Cukup modal 2 pohon/ tiang, diberi tali rafia untuk menggantung kerupuk. Anak-anak dikelompokkan sesuai umur, Balita dan 6-10 tahun, jadi deh 2 kelompok. Permainan lainnya,  lari kelereng, susun gelas plastik bekas air kemasan, lari bola masuk ke ember kecil (saling pinjam ember tetangga), kemudian lari bendera estafet atau juga balap karung. Pasti seru!

5. Membuat Origami, Kokoru, serta Aneka Kartu
Kegiatan ini tidak kalah mengasyikkan, terutama bagi anak-anak perempuan. Mereka bisa bebas membentuk, menggambar dan menghias kartunya.

6. Permainan Tradisional
Coba deh kembali ke masa kecil dan ajari anak- anak bermain berbagai permainan rakyat, seperti lompat tali (karet), bola bekel, gobak sodor, congklak, dan bentengan. Anak- anak bisa memainkannya bersama- sama dengan saudara- saudara maupun anak- anak tetangga. Seru, murah meriah, dan banyak sisi positif dalam hal pembentukan karakter dari jenis permainan tradisional ini.

7. Mengunjungi Kakek & Nenek atau Saudara
Ide ini tepat untuk Anda yang selama ini tinggal berjauhan dengan orang tua atau saudara lainnya. Inilah saatnya menjadikan momen liburan untuk mengajak anak mengenal keluarga Anda atau pasangan lebih dekat. Pulang kampung setahun sekali saat Idul Fitri tentu belum cukup untuk membuat anak mengenal seluruh keluarga dari ayah bundanya.
Anak biasanya juga akan sangat antusias saat diajak berkunjung ke rumah kakek-nenek atau saudara mereka, apalagi jika di sana ada banyak kegiatan yang jarang dilakukannya selama ia tinggal di rumah, misalnya pergi ke sawah, memberi makan sapi atau kambing, memancing dan lain-lain.
Kalau pergi ke rumah orangtua Anda ternyata memerlukan biaya yang tidak sedikit, Anda bisa mengajak anak menginap di rumah keluarga yang jaraknya tidak terlalu jauh. Usahakan saudara yang Anda kunjungi itu juga memiliki anak sehingga si kecil merasa punya teman bermain baru.

Punya ide lain? Yuk buruan tulis ide- ide nya, mau ngapain dan kemana saja selama libur sekolah ini, dan buat pengingatnya kemudian tempel atau gantung di dinding supaya tidak lupa. Oh ya, jangan lupa, setelah selesai liburan, bikin album fotonya dan tulis cerita apa saja di balik foto- foto tersebut. Pasti akan menjadi liburan yang tidak terlupakan! Selamat berlibur...

0 komentar: